Rabu, 14 September 2016

[Buku] Pemrograman C++

Setelah lama ngga eksis, mau resensi buku ahh. Buku lama sih, dan pinjeman juga, haha. Tak apalah, yang penting bermanfaat.





Judul Buku : Pemrograman C++

Genre : Komputer
Penulis : Budi Raharjo
Penerbit : Informatika Bandung
Tebal Buku : xxii + 442 hlm
Cetakan Keempat : September 2010

Terdiri dari 20 bab yang dikelompokkan menjadi 4 bagian, buku bergenre komputer ini menampilkan materi pemrograman C++ secara lugas serta kode-kode program yang dapat langsung diaplikasikan. Sebelumnya perlu diketahui, penulisan program yang digunakan penulis mengacu pada C++ modern yang telah memenuhi standar ANSI/ISO. Jika para pembaca sebelumnya pernah bergelut dengan C++ klasik mungkin akan segera tahu perbedaannya, walaupun sebenarnya tidak terlalu banyak.

Pada bagian pertama membahas tentang pengenalan singkat, tata cara penulisan, perintah-perintah dasar, hingga penggunaan fungsi. karena baian ini merupakan hal yang dasar, maka para pembaca khususnya pemula, harus memahami betul pembahasan yang disuguhkan agar di bab-bab selanjutnya akan lebih cepat mengerti.

C++ merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau sering disebut OOP (Object Oriented Programming). Artinya, C++ fokus pada 'Apa yang akan kita buat?'. Hal inilah yang menjadi salah satu keunggulannya dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu bahasa C yang lebih fokus kepada 'Bagaimana cara membuat?'. Maka dari itu, pada Bagian II ini menjelaskan tentang ciri-ciri dasar dari OOP, pembahasan kelas dan objek, serta pewarisan sifat objek.

Darri perintah dasar yang telah dipelajari, pada bagian III akan dibahas lebih lanjut mengenai perintah-perintah dasar yang digunakan pada C++. Antara lain perlakuan overload terhadap operator, penggunaan preprocessor directive, menjebak error, hingga pembahasan yang lebih mendalam tentang namespace. Jika pembaca sudah memahami dengan baik dua bab sebelumnya, maka tidak sulit untuk memahami dan mempraktekan pelajaran pada bab ini.

Setelah pembaca disuguhkan dengan teori dan kode pemrograman yang aplikatif, sang penulis yang seorang profesional IT dan bekerja sebagai software engineer ini, memberikan halaman khusus berisi latihan soal yang berkaitan dengan pembahasan sebelumnya berupa pilihan ganda.

Secara garis besar,buku yang diperuntukkan bagi kelas pemula dan menengah inicocok sebagai sumber referensi dan sumber pelatihan otodidak. Dilihat dari cetakan buku yang sudah mengalami beberapa kali cetak ulang, dapat disimpulkan bahwa buku ini terbilang laris dan banyak peminatnya. Dengan memiliki buku ini , merupakan langkah awal yang tepat untuk menjadi seorang programmer C++.

(putri_dwi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo jangan sungkan-sungkan, kasih komentar ya, tapi jangan memaki ataupun curcol...