Selasa, 23 April 2013

Ennichisai 2013

Apa tuh Ennichisai? It's Japanese Tradisional Festival in Little Tokyo Blok M alias festival tradisional Jepang berupa Tokyo mini yang diadakan di halaman Blok M Square, Jakarta.

Tahun ini merupakan tahun ke-4 diadakannya Ennichisai dan mengusung tema 'Maju Bersama'. Acaranya diadakan selama 2 hari yaitu tanggal 25 & 26 Mei 2013. Bakalan ada 200 stand, cosplay, juga traditional & modern show ala Jepang. Bagi yang sudah pernah datang ke acara ini tahun lalu pasti mau ikutan lagi, & bagi yang belum pernah datang (tunjuk tangan) ayo kita serbu, soalnya acara ini gratis..tis...tiss... No entry tickets! Tapi kalau mau belanja ya bayarlah ke penjualnya....

Untuk special performance dari bintang tamu, entahlah, belum ada infonya. Tapi a friend of mine sangat berharap JKT 48 manggung di acara ini. Hmmm, berdoalah kawan :)

Tentang Ennichisai

Little Tokyo Blok M Ennichisai adalah acara pertukaran kebudayaan antara Jepang dan Indonesia. Ennichisai pertama kali diadakan tahun 2010 atas kerjasama yang dilakukan oleh orang-orang Jepang yang mengelola restoran di wilayah Blok M dan pihak-pihak yang memiliki minat terhadap kegiatan ini yang bertujuan untuk revitalisasi dan menata ulang lingkungan kota Blok M.

Tak disangka-sangka, pengunjung yang tertarik dengan acara ini cukup banyak dan  bertambah tiap tahunnya. Event ini pun telah ditetapkan menjadi event tahunan Kota Jakarta Selatan.

-2010-
Pada tahun ini, komunitas Jepang yang berada di Jakarta berkumpul dan mengorganisir Festival Ennichisai pertama yang diselenggarakan di Little Tokyo, Melawai, Blok M pada tanggal 4 Juli 2010. Event yang diadakan selama satu hari ini dapat menarik hingga 50.000 pengunjung.

-2011-
Festival Ennichisai ke-2 diadakan pada tanggal 9 &10 Juli 2011. Jika sebelumnya hanya berlangsung satu hari, di tahun ini festival diperpanjang menjadi dua hari. Tak hanya itu, area penyelenggaraan pun menjadi 2 kali lebih luas dengan 2 panggung (tradisional & modern). Selama dua hari tersebut acara ini dihadiri hingga 170.000 pengunjung. Maka Ennichisai pun ditetapkan menjadi event resmi Jakarta oleh Walikota Jakarta Selatan.
Pada tahun 2011 Jepang dilanda bencana gempa bumi. "Pray for Japan" pun dijadikan tema untuk Ennichisai 2011, dan sebagian dana dari sponsor disumbangkan untuk negara Jepang.

-2012-
Setelah diluluhlantakkan gempa bumi pada tahun 2011, Jepang telah menerima berbagai bantuan dari Indonesia. Dengan ucapan terima kasih yang tulus, maka Ennichisai 2012 mengambil tema "ARIGATO KOKORO NO TOMO" alias THANK YOU, TRUE FRIEND (kokoro=heart, tomo=friend).
Acara ini diselenggarakan selama dua hari pada tanggal 30 Juni & 01 Juli 2012. Jumlah pengunjung hingga 200.000 orang.

Gimana ya dengan acara tahun ini? Harus lebih seru dan ramai dong pastinya. Okey, harus ada persiapan juga nih, dompet dibanyakin duitnya, untuk jajan & beli suvenir, ehehe...

Credit :
http://www.ennichisaiblokm.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo jangan sungkan-sungkan, kasih komentar ya, tapi jangan memaki ataupun curcol...