Jumat, 12 April 2013

Windows, Mac, atau Linux?

Buku yang satu ini saya 'temukan' secara tak sengaja. Maksudnya, waktu beli memang tak direncanakan. Begitu liat di display tokonya, kayaknya asyik, langsung deh dipungut, eh, dibeli.

Pilih Windows, Mac, atau Linux : Filosofi Sebuah Komputer
Penulis : Merry Magdalena
Penerbit : Kanaya Press, 2009
Tebal : 168 hlm

Buku ini berisi tentang sejarah perkembangan tiga Operating System (OS) utama yang merajai dunia perkomputeran. Yup! Windows, Mac, dan Linux. Dijelaskan juga mengenai filosofi serta pendapat para pengguna komputer mengenai masing-masing OS.

Windows
Untuk sebagian besar penduduk di Indonesia masih menggunakan sistem operasi Windows. Mengapa? Hmm, diantaranya karena memang sudah 'tradisi' barangkali? Selain itu dalam beberapa aspek Windows memang memiliki keunggulan dibanding para pesaingnya, inilah yang membuatnya masih merajai OS komputer di seluruh penjuru dunia.
Windows dengan tampilan GUI pertama dinamakan Windows versi 1.0 yang merupakan pengembangan dari MS-DOS. Perkembangan versi Windows :
  1. Windows 1.0, windows 2.0, windows 3.0
  2. Windows 9X (BSOD=Blue Screen of Death)
  3. Windows NT
  4. Windows 95
  5. Windows NT 4.0
  6. Windows 98
  7. Windows 2000
  8. Windows Me
  9. Windows XP
  10. Windows Vista
  11. Windows 7
(Saat buku ini diterbitkan, belum ada Windows 8)

Mac
Mac OS merupakan sistem pengoperasian pertama yang menggunakan GUI. Dari segi keindahan visual, Mac lah juaranya. Di awal kemunculannya, Mac memang terkesan sangat ingin menyaingi MS-DOS. Sistem Mac OS dikategorikan dalam 2 jenis : Mac OS Klasik dan Mac OS X. Perkembangan Mac OS :
A. Mac OS Klasik
  1. Proyek Star Trek
  2. System 1, 2, 3, & 4
  3. System Software 5
  4. System Software 6
  5. System Software 7
  6. Mac OS 8
  7. Mac OS 9
B. Mac OS X
  1. Mac OS X v 10 (Rhapsody)
  2. Mac OS X v10.0 (Cheetah)
  3. Mac OS X v10.1 (Puma)
  4. Mac OS X v10.2 (Jaguar)
  5. Mac OS X v10.3 (Panther)
  6. Mac OS X v10.4 (Tiger)
  7. Mac OS X v10.5 (Leopard)
  8. Mac OS X v10.6 (Snow Leopard)
(Saat buku ini diterbitkan, belum ada Mac OS X v10.7 Lion)

Linux
Ini dia OS komputer yang tidak berbayar. Linux termasuk dalam kategori Open Source, yang artinya program disebarluaskan secara bebas, termasuk kode programnya, yang dapat dipelajari cara kerjanya, dapat diperbaiki dan dikembangkan lebih lanjut, serta dapat digandakan tanpa harus membayar izin/lisensi (Rusmanto Maryanto-pendiri YPLI). Perlu ditekankan, yang gratis adalah lisensinya, sementara untuk beberapa pengembangan software, pelatihan-pelatihan, dan maintenance ada biaya yang harus dikeluarkan, hanya saja tidak semahal software berbayar. Linux memiliki lisensi, dan lisensi inilah yang tidak diperjualbelikan.
Linux sendiri merupakan induk dari banyak distro. Jadi, dari Linux ini selanjutnya dikembangkan secara bebas oleh berbagai pihak menjadi distro-distro yang memiliki nama versinya masing-masing. Diantaranya yang populer yaitu Ubuntu, Debian, OpenSUSE, Mandriva, Fedora, Knoppix. Sebenarnya ada yang lebih induk lagi daripada Linux, yakni OS Unix. Unix merupakan dasar utama sistem operasi dari Mac OS X, Linux, dan FreeBSD.
------------

Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai isi dari buku bergenre komputer ini. Dari segi desain cover, cukup menarik dan sangat mempresentasikan isinya. Di setiap bab pun dilengkapi dengan ilustrasi dan snapshot yang mendukung pembahasannya. Sangat cocok bagi pembaca yang ingin belajar megenai sejarah perkembangan sistem operasi Windows, Mac, dan Linux. Juga dapat membantu kita dalam memutuskan sistem operasi apa yang cocok dan mendukung kebutuhan kita.

Jadi, OS apa yang kamu banget????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo jangan sungkan-sungkan, kasih komentar ya, tapi jangan memaki ataupun curcol...