Selasa, 20 September 2016

Pengelompokan Bahasa Pemrograman [part 1]

Pembahasan kali ini mengenai bahasa pemrograman. Untuk kalian yang masih baru belajar, ayo sama-sama kita bahas.

Bahasa pemrograman atau bahasa komputer merupakan suatu teknik komunikasi yang terstandarisasi untuk menyatakan instruksi kepada komputer. Dalam webopedia.com, bahasa pemrograman diartikan sebagai perbendaharaan kata dan seperangkat kaidah tata bahasa untuk memberi instruksi kepada komputer agar melakukan tugas tertentu.

Berdasarkan cara tampilannya, bahasa pemrograman dapat dibagi menjadi 3:
  • Pemrograman berbasis web
  • Pemrograman berbasis visual
  • Pemrograman berbasis teks 

Pemrograman Berbasis Web

  1. HTML; merupakan bahasa pemrograman web yang memiliki sintak atau aturan tertentu dalam menuliskan script atau kode-kode, sehingga browser dapat menampilkan informasi dengan membaca kode-kode HTML (Anhar : 2010). Selain sebagai software bagi server dan client, HTML merupakan komponen penting untuk mengatur tampilan tiap halaman web, dan pola hubungan antar halaman web tersebut ditulis dalam format HTML. 
  2. VB Script; merupakan bahasa script client-side yang bertugas memberi efek-efek pemrograman semi dinamis yang tidak dimungkinkan oleh HTML biasa. VB Script menggunakan bahasa Visual Basic untuk menuliskan kode. Namun kode VB Script hanya bisa di running pada browser Internet Explorer (karena VB Script merupakan produk Microsoft).
  3. ASP; singkatan dari Active Server Pages, merupakan bahasa pemrograman server-side yang berguna untuk memberi efek pemrograman dinamis di web. Seri terbarunya adalah ASPX yang didukung oleh NET Framework. Untuk membuat ASP, programmer biasa menggunakan IDE dari Microsoft yaitu Visual Studio.NET, karena pemrograman secara manual dan editor teks kurang efisien. Keistimewaan memprogram ASPX adalah memungkinkan penulisan halaman web menggunakan berbagai macam bahasa seperti C dan VB.
  4. CGI; singkatan dari Common Gateway Interface. Merupakan bahasa pemrograman server-side yang pertama kali muncul. Sebuah CGI dieksekusi secara realtime dan menghasilkan output yang bervariasi atau disebut halaman web dinamis.
  5. Java Script; merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk memperkaya halaman HTML, dan biasanya sudah tertanam (menyatu) dengan kode HTML. Java script adalah bahasa yang sudah diinterpretasi (mudah dimengerti) sehingga tidak perlu di compile.
  6. PHP: Hypertext Preprocessor merupakan script server-side untuk membuat halaman web dinamis. Secara teknis PHP disebut sebagai pesaing dari bahasa pemrograman ASP di dunia open-source. PHP dapat di eksekusi oleh compiler dari server HTTPD Apache. 

 Sampai jumpa di part berikutnya ;)



Referensi :
https://www.techopedia.com
Menjadi Seorang Programmer Komputer. Wahana Komputer. Penerbit Andi.
Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak. Anhar. Mediakita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo jangan sungkan-sungkan, kasih komentar ya, tapi jangan memaki ataupun curcol...