Senin, 24 Juni 2013

Membuat Animasi Gif dari Video

Kemarin saya lagi browsing aplikasi untuk membuat gambar berformat .gif dari potongan video. Dan saya temukan ini. Tadaaaaaa!! Namanya 'Free Video to GIF Converter'. Freeware ini dapat mengubah video menjadi animasi .gif secara mudah dan cepat. Setelah saya coba, memang mudah kok penggunaannya. Silahkan dowload pada link berikut ini.

Setelah instalasi, maka langkah-langkah untuk penggunaannya sebagai berikut.
  1. Buka aplikasinya, akan muncul halaman seperti ini.
  2. Klik browse untuk mencari file video yang akan kamu jadikan animasi GIF. Format video dapat berupa: AVI, WMV, MPEG, MOV, FLV, MP4, 3GP, VOB, RMVB, MKV.
  3. Pilih dibagian mana dari video tersebut yang akan dijadikan GIF dengan mengisinya pada kolom Extract Frame. Pada bagian ini kamu isi sendiri bagian awal dan akhir potongan video yang diinginkan, mulai dari jam, menit, dan detiknya.
    Lalu isi juga ukuran animasi GIF yang kamu inginkan.
  4. Klik Next, setelah loading akan muncul halaman berikut. 
    Di halaman ini kamu bisa menghilangkan frame yang tidak perlu pada list box disamping Preview. Jika merasa belum pas dengan potongan video yang diinginkan, kamu bisa kembali lagi ke halaman sebelumnya dengan meng-klik tombol Back untuk mensetting ulang bagian awal dan akhir potongan video.
  5. Jika sudah sesuai keinginan, maka aturlah kualitas animasi (kolom Color Matching) dan kecepatan frame-nya (Play Speed). Lalu klik tombol Make GIF.
  6. Terakhir, akan muncul message box untuk menyimpan file animasi yang sudah dibuat. Jadi, beri nama file animasi kamu dan simpan di folder yang kamu inginkan. Selesai!
Dan, berikut ini hasil percobaan saya, diambil dari video klip Everybody (Backstreet's Back) oleh Backstreet Boys.


Sekian, semoga bermanfaat :)

35 komentar:

  1. maaf nih tapi kok aku selalu failed to reload? T^T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah saat Browse Video? Pastikan file video kamu ngga corrupt & formatnya berupa AVI, WMV, MPEG, MOV, FLV, MP4, 3GP, VOB, RMVB, atau MKV.

      Hapus
  2. klo gambar dijadikan video gif gmn gan ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo itu ane blm searching lbh lanjut gan, tp yg jelas bukan pake software yg ane bahas di postingan ini. Bolehlah nanti masukan buat postingan slanjutnya.

      Thanx atas kunjungannya ^_^

      Hapus
  3. wah ty mas bro...
    sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sip sip
      tp ane bukan mas bro, tp mba bro, haha

      Hapus
  4. prosesnya emang lama ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung sama kualitas & banyaknya frame dari video agan

      Hapus
  5. Sankyuu, kakak^^ sangat membantu nih~

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, makasih juga atas kunjungannya ke blog ane

      Hapus
  6. kalo ukuran gambarnya diperbesar gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pd tampilan prtama, lihat pd kolom Extract Frames, pd bagian Width bs kmu atur ukuran dimensinya. Tp ane sndiri blm nyoba mmprbesar lebih dr ukuran asli videonya. Kan malah jd pecah gmbarnya

      Hapus
  7. videonya harus didownload dulu ya? bisa nggak langsung dari youtube?

    BalasHapus
  8. Iya, ga bs kalo lngsung dr youtube atau sjenisnya. Hrs sudah brbntuk file di komputer

    BalasHapus
  9. terima kasih, sangat membantu :3
    salam blogger mampir2lah ke blog ane

    BalasHapus
  10. nice blog..terima kasih banyak sangat membantu sekali

    BalasHapus
  11. mangstab gan . . .
    tenkyu infonya :)

    BalasHapus
  12. makaciihh ya mba .. oya saya mw tanya dsini bisa ngerubah rotasi ga ya mba.. vertikal atw horizontal

    BalasHapus
  13. Makasih infonya mbak ^^

    BalasHapus
  14. kak, kok 'failed to load' terus ya?

    BalasHapus
  15. wah ini yang saya cari cari. terimakasih ya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  16. Nice Infonya Gan, Sankyu (y)

    Blog Walking
    http://jamutradisionalmujarab.com/obat-tradisional-lupus/

    BalasHapus
  17. terimkasih ya buat postingnya..
    psotingan yang lainya di tunggu

    BalasHapus
  18. mantap gan infonya. bermanfaat sekali.
    terima kasih atas sharing nya gan

    BalasHapus
  19. ane dah buat thx tapi bisa buat wapaper winndos gak

    BalasHapus
  20. Link nya mati gan ?? cara nge link gif nya gimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maap ane baru nyadar link nya mati. Nanti ane coba update

      Hapus
  21. kak kok nggak bisa di download??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepertinya link nya mati. Sabar, ane usahain dulu

      Hapus
  22. mas kok yg saya ngak jdi gif nya ,selalu jdi gambar ni padahal udh ngikutin langka2 di atas, mohon pencerahan

    BalasHapus

  23. https://kdp.amazon.com/community/profile.jspa?editMode=true&userID=1424531
    https://kdp.amazon.com/community/profile.jspa?editMode=true&userID=1427388
    https://kdp.amazon.com/community/profile.jspa?editMode=true&userID=1428236
    https://challenges.openideo.com/profiles/1119874714489381863241486229946090
    http://www.dead.net/member/khairyayman
    https://vimeo.com/user54212503
    https://mootools.net/forge/profile/naklafshdmam
    http://bionumbers.hms.harvard.edu/bionumber.aspx?&id=113190

    BalasHapus

Ayo jangan sungkan-sungkan, kasih komentar ya, tapi jangan memaki ataupun curcol...