Kamis, 22 November 2012

Akhir riwayat Napster -- Napster Part 4 (End)

Pada 17 Mei 2002, Napster mengumumkan bahwa aktivanya akan diambil alih oleh firma media Jerman, Bertelsmann AG, sebesar US $8 juta. Menurut syarat perjanjian tersebut, pada 3 Juni Napster memohon perlindungan Bab 11 di bawah undang-undang muflis Amerika Serikat yang menjelaskan bahwa debitur dapat mengusulkan rencana reorganisasi untuk menjaga bisnisnya tetap hidup dan membayar kreditur dari waktu ke waktu. Dalam hal ini orang-orang dalam bisnis atau individu juga termasuk di dalamnya.

Pada 2 September 2002, seorang hakim kasus kebangkrutan Amerika menghalangi penjualan kepada Bertelsman dan memaksa Napster untuk menjual aktivanya menurut Bab 7 undang-undang muflis Amerika tentang likuidasi, yaitu yang mengharuskan agar likuidasi aset debitur untuk membayar kembali uang yang dihutangkan kepada debitur. Kebanyakan karyawan Napster di PHK, dan halaman depan Web Napster diubah menjadi "NAPSTER was Here".

Sejak Napster ditutup, beberapa peraturan pertukaran file peer to peer seperti Morpheus dan KaZaA mulai diberlakukan. Peraturan ini hanya berasumsi Napster sebagai sumber utama bagi konsumen pertukaran file MP3 untuk mendapatkan musik yang diinginkan. Dalam setahun, penutupan Napster (dalam bentuk asal) hanya menyebabkan sedikit pengaruh dalam pertumbuhan pertukaran file menurut pendukung pertukaran file.

Pada 25 Juni 2003 RIAA mengubah tuntutan bukan kepada layanan, tetapi kepada pengguna jasa itu sendiri dan akan mengajukan tuntutan karena karena terlibat dalam pertukaran file ilegal, dimulai September tahun pertama. Proyek Napster kemudian diganti dengan Napster 2.0 dalam usaha meneruskan komersialisasi musik dengan aturan yang sah.

Sumber:
Velasquez, Manuel G. 2010. Etika Bisnis Konsep dan Kasus Edisi 5.
http://id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo jangan sungkan-sungkan, kasih komentar ya, tapi jangan memaki ataupun curcol...